Pembelajaran Manajemen Risiko dari Sebuah Cerita Kecil…

Risk Management Ice Breaker for Today

“the other side of learning risk management….”

Sebuah cerita tentang bagaimana pendekatan manajemen risiko mempengaruhi pengelolaan risiko dan proses pencapaian tujuan akhir dari suatu proses. Ada tiga orang risk professional dan tiga orang akuntan bepergian dengan kereta api untuk mengunjungi sebuah ‘Konferensi Manajemen Risiko’. 

Cerita Awal Sebelum Konferensi Manajemen Risiko…

Di stasiun, ketiga akuntan tsb masing-masing membeli 1 tiket tetapi ketiga risk professional hanya membeli satu tiket.

“Hal ini terlihat sangat berisiko. Bagaimana tiga orang akan melakukan perjalanan dengan hanya satu tiket?” tanya salah satu akuntan. “Watch and you’ll see! Kami mempunyai pendekatan manajemen risiko yang baru” jawab salah satu risk professional.

Mereka semua naik kereta. Para akuntan duduk di kelas satu, tetapi ketiga risk professional pergi 1 ke kamar kecil dan menutup pintunya. Tak lama setelah kereta telah berangkat, kondektur datang sekitar mengumpulkan tiket. Dia mengetuk pintu toilet dan berkata, “Tiket.” Pintu terbuka kecil dan hanya satu lengan muncul dengan tiket di tangan dan Kondektur mengambil tiket tersebut dan bergegas pergi melanjutkan pemeriksaan tiket. Para akuntan itu sangat terkesan dengan pendekatan ketiga risk professional dan sepakat bahwa itu merupakan ide cerdas yang cukup tanpa risiko yang besar.

Cerita Lanjutan Setelah Konferensi Manajemen Risiko…

Sepulang dari “Konferensi Manajemen Risiko”, para akuntan sangat percaya diri akan keterampilan mengelola risiko yang diperoleh di Konferensi tersebut, sehingga para akuntan memutuskan untuk meniru pendekatan risiko para risk professional pada perjalanan pulang mereka dan menghemat uangnya (sesuai pepatah.. akuntan selalu pintar dengan uang mereka!). Ketika mereka sampai ke stasiun, mereka membeli 1 tiket saja untuk perjalanan pulang.

Tetapi mereka heran, kali ini para risk professional tidak membeli tiket sama sekali. “Ini suatu kecerobohan, bagaimana Anda akan bepergian tanpa tiket satupun?” tanya salah satu akuntan dengan bingungnya. “Watch and you’ll see! Kami sudah mempunyai pendekatan manajemen risiko yang terbaru hasil dari Konferensi Manajemen Risiko” jawab salah satu risk professional. Ketika mereka semua naik kereta ketiga akuntan menjejalkan diri ke 1 kamar kecil dan tiga risk professional lain ikut masuk di kamar kecil tersebut lalu Kereta itu berangkat.

Catatan Kecil dari Cerita ini…

  • Manajemen Risiko adalah sebuah proses pembelajaran yang tidak akan pernah ada akhirnya karena kehidupan kita baik personal maupun bisnis penuh dengan ketidakpastian, yang tetap harus dijalani dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu
  • Risk professional harus mempunyai integritas dan kreativitas yang dapat dipergunakan untuk mengeksploitasi peluang dan mengelola risiko pada saat yang sama
  • Nilai terbesar dari penerapan manajemen risiko hanya dapat diperoleh bilamana risk professional dan aktuaris bekerja sama (tidak berkompetisi) karena mereka mempunyai tujuan yang sama, Sama halnya dalam pengelolaan manajemen risiko di perusahaan, diperlukan kombinasi keahlian para professional di bidang manajemen risiko untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

One thought on “Pembelajaran Manajemen Risiko dari Sebuah Cerita Kecil…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s